Hukum dan Kriminal

Begini Kronologis Penangkapan IG

Jakarta, KABA12.com — KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap oknum Pimpinan DPD RI, Sabtu (17/09) dini hari. Selain IG, juga diamankan tiga tersangka lainnya, XXS, MMI dan WS.

Awalnya, KPK memang tengah menyelidiki XXS, Direktur CV. SB, yang diduga “bermain” terkait kasus pengurusan kuota gula impor yang dikelola oleh Bulog untuk Sumatera Barat. Selain itu, CV. SB juga diduga mengimpor gula tanpa label SNI.

Namun ditengah penyidikan, muncul nama IG. OTT yang berlangsung di kediaman IG, berawal saat XXS bersama istrinya MMI dan sang adik WS bertamu ke rumah dinas IG pukul 20.00 WIB.

“Mereka bertamu ke rumah IG pukul 20.00 WIB Jumat malam, dan menyelesaikan kunjungannya pukul 00.30 WIB Sabtu dini hari. Saat keluar dari rumah IG, kami menangkap tiga orang XXS, MMI dan WS yang berada di dakam mobil. Setelah itu kami minta ketiganya untuk masuk kembali ke rumah IG. Saat berada di rumah, kami minta IG menyerahkan bungkusan,” terang Agus Raharjo, Ketua KPK saat jumap pers di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (17/09).

“Bungkusan tersebut diduga berisi uang yang sebelumnya diserahkan oleh pemberi ( XXS, MMI dan WS ). Dari proses tersebut, keempat orang ini akhirnya digiring ke kantor KPK pukul 01.00 WIB untuk penyelidikan lebih lanjut.” lanjut Agus.

img_20160917_190909_811Dari hasil penyelidikan, akhirnya KPK memutuskan keempatnya sebagai tersangka. XXS, MMI dan WS sebagai tersangka pemberi. Sedangkan IG sebagai tersangka penerima.

KPK mengamankan barang bukti berupa uang tunai 100 juta Rupiah, yang ada dalam bungkusan tersebut. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top