News Nasional

Komjen (Pol) Syafruddin Resmi Jabat Wakapolri

Jakarta, KABA12.com — Komisaris Jenderal Syafruddin resmi dilantik sebagai Wakil Kepala Polri (Wakapolri) yang baru. Jenderal bintang tiga ini dilantik oleh Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, di Ruang rapat utama Mabes Polri, Sabtu (10/09) pukul 08.00 WIB.

Komjen (Pol) Syafruddin menggantikan Jenderal (Pol) Budi Gunawan yang dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) oleh Presiden, Jum’at (09/09), di Istana Kepresidenan.

“Kami memiliki hubungan yang sangat baik. Kapolri dan Wakapolri itu harus kompak, dan saya merasa kami chemistry-nya bisa nyambung,” ungkap Kapolri, seperti yang dilansir Kompas.com

Tito mengatakan, dirinya pernah mengenyam pendidikan yang sama di Lembaga Ketahanan Nasional tahun 2011 lalu.

Selain itu, Kapolri menilai, Syafruddin memiliki kemampuan interpersonal mumpumi, serta memiliki hubungan yang baik dengan internal maupun eksternal Polri.

“Beliau juga memiliki pengalaman sebagai Kapolda, Wakapolda, juga pernah di Kabid propam, pendidikan cukup lama,” jelasnya.

Tito mengaku, pelantikan Syafruddin memang terbilang cepat. Hal itu sengaja dilakukan lantaran Polri tengah menggelar operasi untuk mengamankan arus mudik serta libur panjang Idul Adha.

Syafruddin merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1985. Dia pernah dipercaya menjadi ajudan wakil presiden tahun 2004 semasa dijabat oleh Jusuf Kalla. Setelah Kalla tak lagi jadi Wapres tahun 2009, dia ditunjuk sebagai Wakil Kepala Polda Sumatera Utara selama setahun.

Pada tahun berikutnya, dia mendapatkan promosi menjadi Kapolda Kalimantan Selatan. Syarifuddin kembali ke Jakarta pada 2012 saat dimutasi menjadi Kepala Divisi Profesi dan Keamanan Polri. Kemudian pada 2015, dia dipindahkan menjadi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.(***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top