Life

Trik Jitu Menjaga Shalat Lima Waktu

Life, KABA12.com — Untuk kamu yang beragama Islam, sholat lima waktu adalah kewajiban yang tak boleh ditinggalkan. Selain itu, sholat juga salah satu media untuk mendekatan diri pada Allah, sebagai bentuk dari kepatuhan. Tapi kali ini kita tidak akan membahas secara mendalam dari sisi religinya, tapi memberikan inspirasi agar sholat lima waktumu lebih terjaga.

Cara-cara ini mudah dan logis sehingga bisa kamu praktekkan, agar sholat lima waktu tak menjadi beban dan pelan-pelan bisa jadi kebutuhan.

1. Nggak usah ngeles ke diri sendiri, apalagi soal bangun pagi. Sholat subuh adalah ‘ritual’ terbaik untuk memulai hari.

Sholat subuh mungkin jadi sholat yang paling sering kamu tinggalkan karena waktunya memang cukup pagi, dan kamu biasanya masih tidur. Padahal bangun pagi punya segudang manfaat, hampir semua orang sukses menyarankan kamu untuk bangun pagi.

Seperti yang di lansir dari Hipwee.com tips-tips bangun pagi agar tidak terlambat Sholat subuh.

1. Segala perbuatan yang kamu lakukan harus diawali dengan niat yang benar. Jadi, ubah niat bangun pagimu dari “supaya gak telat ke sekolah” menjadi “ingin sholat subuh”

2. Tidurlah lebih awal, bahkan walau kamu masih punya hutang pekerjaan. Kamu pun bisa bangun untuk sholat malam lalu menuntaskan tugas sambil menunggu waktu subuh.

3. Hindari makan berlebihan di malam hari. Ini bisa menyebabkan tidurmu terlalu nyenyak. Kamu juga akan bangun dengan badan yang capek.

4. Jangan berlama-lama main HP dulu. Begitu bangun tidur, bersegeralah mengambil air wudhu.

5. Tidur dengan memiringkan badan ke kanan seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW akan memudahkan kamu bangun tidur.

6. Tidurlah sebentar setelah makan siang. Asal ingat, jangan lebih dari 15 menit karena ‘sebentar’ adalah ‘sebentar’.

7. Berolahraga ringan di pagi hari tidaklah sulit. Cukup lakukan sholat berjamaah di masjid dan berjalan kakilah dari rumahmu ke sana.

Meski tiap orang memang beda-beda caranya, tapi pasti ada yang cocok dengan salah satu tipsnya. Kalau kamu gimana?

2. Gunakan baju yang nggak mudah kusut dan make-up halal yang waterproof biar kamu nggak malas sholat, hanya demi menjaga penampilan di siang hari

Kamu malas sholat zuhur atau ashar mungkin karena saat berwudhu kamu akan “merusak” penampilanmu. Pakaianmu akan kusut saat digulung di bagian lengan dan kaki, sedikit basah, dan kamu yang cewek juga akan khawatir pada make-up yang menempel di wajahmu akan luntur terkena air.

Ini bukan alasan yang masuk akal !!!

Pilih bahan pakaian yang tidak mudah kusut seperti kain rayon, denim atau jeans, dan spandex. Banyak juga kok trik agar bajumu tetap rapi selama beraktivitas. Kalau urusan make-up, kamu juga nggak perlu bingung karena sekarang sudah banyak tersedia make-up halal yang waterproof atau anti air. Lengkap dari eyelinersampai sunscreen pun ada.

3. Posisikan sholat sebagai hal yang emergency ketika kamu merasa sedang nanggung mengerjakan sesuatu yang menurutmu sangat penting

“Duh nanggung nih, masih ngerjain ini!” (Lalu waktu sholat habis)

“Masih di jalan nih, nggak bisa sholat sekarang.” (Padahal masjid ada dimana-mana)

“Duh ribet amat sholat lima kali, ngabisin waktu!” (Emang sholat itu berapa jam sih?)

Saat kamu ingin ke kamar kecil, ada saudara yang sakit, atau hal emergency lainnya kamu selalu bisa meninggalkan pekerjaanmu tanpa berpikir panjang. Posisikan sholat seperti itu juga, sebagai aktivitas yang tak bisa kamu tinggal apapun alasannya. Bukan untuk menjadikannya beban tapi demi membentuk kebiasaan.

“Waktu yang kamu habiskan untuk sholat: 5 x 5 menit = 25 menit, cuma seujung kuku dari 24 jam yang kamu miliki!”

4. Saat sudah masuk waktunya, sholat jangan lagi ditunda-tunda. Semakin kamu menunda maka semakin malas kamu melaksanakannya!

Jika kita belum terbiasa melaksanakan sholat lima waktu, mungkin akan sulit untuk memulainya. Dari malu takut dicie-ciein sok alim oleh teman sampai sesederhana rasa enggan. Pertama kamu memang perlu memaksa dirimu, tak perlu dengan target sempurna lima waktu. Kamu bisa melakukannya pelan-pelan, bisa dimulai dari satu waktu yang menurutmu paling mudah lalu terus meningkat hingga sempurna lima waktu.

( M. Ikhsan )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top