News Lokal

Sepakat, Nagari Lubukbasung akan Dimekarkan

2Agam, KABA12.com — Badan musawarah (BAMUS) Nagari Lubukbasung Kabupaten Agam menggelar musyawarah pemekaran pemerintahan Nagari Lubukbasung, di aula Kantor Wali Nagari Lubukbasung Jum’at (09/09). Dalam musyawarah tersebut, seluruh elemen masyarakat setuju bahwa Nagari Lubukbasung untuk dimekarkan.

“Semua unsur seperti walinagari, Ketua KAN, LPMN, MUI, dan IKSA, serta tokoh-tokoh masyarakat dan niniak mamak kenegarian Lubukbasung mendukung kesepakat ini. Namun dengan catatan tidak merusak adat salingka nagari,” ujar Ketua Bamus nagari Lubukbasung, Bupnazwar kepada KABA12.com, Jum’at (09/09).

Luas wilayah dan penduduk nagari Lubukbasung menjadi salah satu faktor potensi untuk dimekarkan, seperti pelayanan dan sumber pemberdayaan untuk anak dan kamanakan yang berada di nagari. Hal itu merujuk pada undang-undang nomor 6 tahun 2014.“Mungkin secara pertumbuh dan minat masyarakat beserta anspirasi anak nagari di jorong Lubukbasung tetap menginginkan sebagaimana pemekaran nagari Lubukbasung,” ujarnya.

Disamping itu, walinagari Lubukbasung Darma Ira Putra juga menjelaskan sesuai peluang yang ada di dalam undang-undang nomor 6 Tahun 2014 pasal 17, satu desa sudah boleh dimekarkan apabila penduduknya sudah lebih dari 4000 jiwa atau 800 kepala keluarga (KK). “Sesuai dengan data kependudukan nagari Lubukbasung sudah lebih dari 42 ribu kita harapakan 7 jorong biasa dimekarkan,” ujarnya.

Lebih lanjut walinagari menjelaskan, dahulu 7 jorong dinagari Lubukbasung merupakan kelurahan, ini yang merupakan landasan nagari Lubukbasung bisa dimekarkan. “Kita sudah lengkapi fasilitas setiap jorong dengan beberapa rehab ringan disetiap jorong, jika pemekeran bisa dilakukan tentu realisasi pemerintahan nagari baru dapat berjalan,” ujarnya.

(M.ikhsan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top