News Lokal

Permintaan Meningkat, Pasar Ternak Cubadak Diserbu Panitia Qurban

Tanah Datar, KABA12.com — Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari, segala kesibukan menyambut hari besar Islam ini pun mulai menggeliat, seperti yang terlihat di Pasar ternak nagari Cubadak kecamatan Limo Kaum kabupaten Tanah Datar, Kamis (08/09).

Ratusan bahkan ribuan ternak diperjualbelikan. Kejelian pembeli beradu tangkas dengan keuletan penjual, menjadi fenomena unik berbalut tradisi jual beli bawah ,sarung yang disebut ‘jobali marosok’. Sebuah cara klasik yang hanya bisa ditemukan di ‘pasa taranak’, demi menjaga rahasia dan kenyamanan bertransaksi.

“Alhamdulillaah, di Mesjid Raya Salimpauang kami membantai 28 jawi, yang tiap tahun kami beli di pasar ternak Limo Kaum ini. Selain sehat kisaran harga disini juga sesuai kantong jamaah walau hari Raya Idul Adha makin dekat,” ujar Haji Rasyid yang mematok harga Rp. 1.700.000,-/orang dari harga sapi ‘manenggang’,  Rp 8.000.000,-/ekor hingga Rp 10.000.000,-/ ekor.

Sementara di daerah lain seperti Bukittinggi dan Padang Panjang, harga sapi per-jamaah dipatok Rp 2 Juta keatas, bahkan di Bukittinggi ada yang sampai Rp. 2.700.000,-/jamaah.

img-20160908-wa0013-1“Sebenarnya harga ini tidak merata di kota Bukittinggi, walau terkesan mahal, namun kisaran harga seperti ini memang telah disepakati jemaah, mengingat tetek bengek proses pengurusannya yang cukup ribet.”ungkap Inyiak warga Tigo baleh Aua kuniang Bukittinggi, yang sedang membeli hewan ternak ke pasar cubadak.

Secara umum terjadi peningkatan transaksi jual beli ternak Qurban di Pasar Ternak Cubadak Nagari Limo Kaum Tanah Datar ini hingga dua kali lipat dari hari biasa.

“Peningkatan ini relatif tinggi ya, bisa dua kali lipat dari transaksi per-pekan dibulan lain, rata-rata bisa mencapai 700 ekor perpekan”, ungkap drh. Zulaidar kepala UPTD Pasar Ternak dan RPH Kabupaten Tanah Datar.

“Kondisi ternak yang masuk juga terpantau sehat, karena mayoritas ternak ini dikelola sendiri,” tutupnya.

( YsnAmoi ) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top