Hukum dan Kriminal

Polres Agam Tangkap Pelaku Penipuan Ijazah Palsu

Agam, KABA12.com — Kepolisian Resor Kabupaten Agam menangkap seorang pelaku tindak pidana penipuan di Jorong II Balai Ahad Nagari Lubukbasung Kecamatan Lubukbasung Kabupaten Agam, Selasa (06/09).

“Penangkapan ini dilakukan setelah korban bernama Aprianto melaporkan kejadian ini ke Polres Agam pada 5 September lalu. Personil pun langsung mendangi TKP dan mengamankan pelaku bersama barang buktinya,” kata Kasat Reskrim Polres Agam, AKP Syafrizen, SH melalui Kaur Bin Ops, IPDA Ardian Rahayu P,STK kepada KABA12.com, Rabu (07/09).

Ardian menjelaskan, Penipuan ini di berawal pada bulan Juli. Pelaku berinisial YF seorang Karyawan Swasta, menawarkan korban pekerjaan di PT. Haruma Mitra Nusantara sebagai mandor 1 di Pasaman dengan syarat korban mau membayar ijazah paket c seharga 750 ribu rupiah. Setelah dua bulan tepatnya pada Agustus lalu pelaku datang lagi kepada korban dengan alasan minta uang lagi untuk bayar uang jalan dan sebagainya.

Dalam laporan tersebut korban juga mengatakan pelaku sudah beberapa kali datang kerumah dengan tujuan yang sama yaitu meminta uang. “Korban terus diperas setelah bebarapa kali beralasan lain untuk biaya operasonal pembuatan ijazah,” ungkap ardian.

Akibat kejadian ini korban dirugikan sebesar 6 juta rupiah. untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan maksimal kurangan penjara selama 4 tahun.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top