Dinas Pertanian Agam

Jelang Idul Adha, Agam Butuh 4.950 Ekor Hewan Kurban

Agam, KABA12.com — Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (Dispertahornak) Kabupaten Agam, memperkirakan kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Agam sekitar 4.950 ekor di hari Raya Idul Adha 1437 H.

Ronal Depson SPT, M.Si kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner mengatakan kepada KABA12.com, sejauh ini ketersedian hewan kurban di Kabupaten Agam masih aman dan mencukupi. “ Saya kira ketersedian hewan kurban di Kabupaten Agam sangat mencukupi untuk tahun ini,” ujarnya, Selasa (06/09).

Meski ketersedian hewan kurban di Kabupaten Agam mencukupi, sebagian warga masih membeli ke daerah lain seperti, Batusangkar, Pariaman, Pasaman, dan juga ada yang membeli sampai ke Sumatera Utara. Hal ini dikarenkan sapi didaerah lain harga perekornya masih terjangkau oleh masyarakat kabupaten Agam.

Masalah umur hewan kurban sering dianggap sepele oleh warga yang membeli ke daerah lain, oleh karena itu Dispertahornak Kabupaten Agam merekomendasikan hewan kurban yang memenuhi persyaratan hewan kurban, dan juga melakukan Sosialisasi sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang untuk membeli hewan yang memenuhi persyaratan hewan kurban, dan juga sebaiknya betina yang produktif jangan di kurbankan, sesuai intruksi Gubenur Sumatera Barat,” tutup Ronal Depson.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top