News Lokal

Pemko BKT Tarik 45 Kendaraan Dinas Bermasalah

Bukittinggi, KABA12.com — Walikota Bukittingi, Ramlan Nurmatias melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan dinas pemko, di pelataran Balaikota, Senin (05/09). Dari pemeriksaan tersebut, tercatat 45 kendaraan, ditarik Bidang Aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bukittinggi, yang terdiri 28 roda dua dan 17 unit roda empat, truk dan bus.

Kendaraan tersebut ditarik karena bermasalah. Misalnya kurang perawatan, seperti tutup minyak rem hilang dan diganti plastik. Ada juga administrasi (peruntukkannya) tidak jelas. Demikian pula kendaraan yang seharusnya dipakai oleh kaum pria ternyata dalam keterangan pemakaian oleh perempuan. Surat tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang bermasalah diambil dan kendaraan ditinggalkan di balaikota untuk sementara.

Baca Juga:  DPMN Agam Buat LAPAU NAGARI, Kawal Pengelolaan Dana Nagari

“Kita tidak ingin lagi kendaraan dinas digunakan tidak sesuai peruntukannya,” tegas Walikota Ramlan Nurmatias.

Selain Itu, disinyalir ada kendaraan yang dipakai untuk pergi sekolah oleh anak-anak pejabat. Ramlan meminta tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4) untuk menertibkannya. SK4 yang dikomandoi Satpol-PP diperintahkan untuk menjaring dan mengambil kendaraannya jika kedapatan di lapangan. “Kita mesti tegas, karena sepeda motor plat merah itu bukan untuk pergi sekolah, makanya Satpol-PP kita minta untuk mengambilnya nanti di lapangan,” tegas Ramlan.

Baca Juga:  Kawa Daun Tanahdatar Catatkan Rekor MURI

Dari data yang ada pada Bagian Asset, Pemko Bukitinggi memiliki sekitar 904 kendaraan dinas, diantaranya 608 sepeda motor, 260 roda empat, truk dan bus, serta 36 becak motor yang digunakan pengangkut sampah. Pengecekan di pelataran balaikota dilakukan menurut kelembagaan (SKPD) secara bergantian. Satu-persatu roda dua diperiksa komponen, kelengkapan dan juga administrasinya. Demikian pula jenis kendaraan dinas yang lainnya. Bahkan, khusus roda empat juga diperiksa komponen mesin secara keseluruhan dan juga di dalam kabin serta bagasi.

Dalam pemeriksaan itu juga terdapat kendaraan dinas yang terpelihara dengan baik. Semua komponenya dirawat dengan bagus. Fisik kendaraannya juga bersih dan rapi. Walikota pun memberikan apresiasi terhadap pemakai dan secara spontan memberikan hadiah berupa uang senilai Rp300 ribu rupiah. “Kepedulian anda merawat dan memakai kendaraan dinas ini dengan penuh tanggung jawab dan sesuai peruntukkan, kami sampaikan terima kasih dan penghargaan,” ujar Ramlan dengan rona muka sangat gembira.

Baca Juga:  Peduli Yatim, Bangun Generasi Impian

( Debi Kurnia )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top