Life

Tatanan Rumah yang Aman Bagi Anak Aktif

Life, KABA12.comAnak-anak yang sedang dalam usia pertumbuhan umumnya memiliki pergerakan yang sangat aktif. Rumah, umumnya menjadi ‘arena favorit’ anak-anak melampiaskan keaktifan mereka seperti berlari, memanjat atau bermain.

Tinggal bersama anak yang sedang aktif-aktifnya, tentu memerlukan perhatian khusus. Penataan rumah tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa menghambat pergerakan bahkan membahayakan keselamatan anak.

tatanan rumah bagi anak aktifMenata rumah yang ramah anak, bisa dimulai dari memilih perabotan rumah yang tepat. Seperti yang dilansir oleh detik wolipop, Desainer interior Indy Anindita menyarankan untuk mengutamakan keamanan saat menentukan furnitur dan perlengkapan rumah. “Sekarang ada bumper untuk dipasang di ujung meja,” tutur Indy, Minggu (04/09).

Sementara untuk meja, sebaiknya pilih furnitur berbentuk bundar atau memiliki sudut-sudut yang membulat. Meja berbentuk kotak dengan sudut yang tajam dikhawatirkan bisa melukai anak saat ia berlari dan tidak sengaja terbentur ujungnya.

“Bisa juga yang memakai roda, misalnya coffee table beroda. Kadang anak suka main di karpet, kalau pakai meja yang pakai roda lebih mudah untuk dipindahkan jadi memberikan space buat mereka.” tambah desainer lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan desain interior ini.

Selain itu pilih juga sofa yang materialnya mudah dibersihkan. Higienitas perabot rumah juga penting untuk menjaga anak dari bakteri serta residu pemicu alergi seperti debu atau serat-serat halus.

Anak-anak, terutama yang masih balita cenderung suka memanjat-manjat. Rak buku atau lemari biasanya jadi tempat yang digemari bagi anak untuk dipanjat. Tentu bisa membahayakan jika lemari tumbang dan menimpa sang anak, dan alangkah baiknya jika orangtua mematok/memaku bagian belakang lemari ke dinding.

anak aktifJika ada benda pecah belah, sebaiknya tempatkan di rak paling atas yang sulit dijangkau anak, juga benda-benda kecil yang mungkin bisa tertelan saat anak bermain. Tak ada salah juga menempatkan matras di bawah box bayi atau tempat tidur, agar mencegah anak terbentur benda keras apabila si kecil terjatuh ketika tidur atau bermain di tempat tidur.

( Jaswit ) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });