News Lokal

Rang Sumando ka “Pulang Kampuang”

PADANG, KABA12.com – Rang Sumando Minangkabau, Jusuf Kalla, yang tak lain adalah Wakil Presiden Indonesia, direncanakan pulang ke kampung halaman sang istri di Lintau, Kabupaten Tanah Datar, Senin (05/09) mendatang.

Kedatangan Wapres ke ranah minang bukan tanpa alasan. Beberapa agenda telah disiapkan dalam kunjungan orang nomor dua di Indonesia itu. Pada tanggal 5 September 2016, beliau akan menerima gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Andalas (Unand).

Kepala Humas Unand, Eriyanty menjelaskan, penganugerahan gelar Doktor Kehormatan untuk wapres itu berdasarkan usulan tiga tokoh promoto, Prof. Saldi Isra, Prof. Todung Mulya Lubis, dan Prof. Elwi Danil, yang kesemuanya ahli hukum.

Jusuf Kalla mendapatkan gelar kehormatan itu karena promotor menilai,  rang Sumando itu memiliki kesuksesan dalam bidang usaha dan industri serta politik, termasuk keberhasilan menjadi Wakil Presiden dengan presiden yang berbeda.

Dalam bidang hukum, JK berperan dalam Pembentukan Ketetapan MPR Nomor XV/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Otonomi Daerah; Pengaturan, Pembagian, dan Pemanfaatan Sumber Daya Nasional yang Berkeadilan, serta Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan RI.

Banyak kesuksesan JK yang menginspirasi banyak pemimpin nasional, seperti tanggap cepat penanggulangan bencana dan memajukan kepemudaan nasional.

Setelah itu, Wapres akan menaiki Istano Basa Pagaruyuang secara adat, yang menjadi salah satu simbol kebesaran adat budaya Minangkabau. Selanjutnya, JK juga dijadwalkan mengunjungi beberapa daerah di Sumatera Barat, dan disambut dengan kesenian tradissional. Beberapa sumber menyebutkan,  kegiatan Wapres masih tentatif, dan bisa berubah, namun diperkirakan, Rang Sumando Minangkabau ini akan berada di Sumbar selama 2 hari. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top