Khazanah

DUNIA HANYA SEMENTARA

Khazanah, KABA12.com — Dunia. Siapa yang tidak mengenal dunia. Dunia tempat seluruh makhluk ciptaan Allah SWT hidup dan menetap demi bersujud dan mendapatkan Rahmat serta ridha dari ALLAH SWT.  Namun, banyak manusia yang lupa akan kewajibannya selama hidup di dunia. Sehingga, mereka lupa bahwa dunia ini hanya besifat sementara.

ALLAH SWT berfirman dalam surat Muhammad ayat 36 yakni:

 إِ نَّمَاالْحَيَاةُ الدُّنْيَالَعِبٌوَلَهْوٌاۚ وَإِنْتُؤْمِنُوا وَتَتَّقُوايُؤْتِكُمْ أُجُورَكُمْ وَلَ يَسْأَلْكُمْأَمْوَالَكُمْ

 Artinya : Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu. (Q.S. Muhammad : 36)

 Didalam surat Muhammad ini, Allah SWT menjelaskan bahwa dunia hanyalah permainan atau senda gurau. Namun, dari sinilah ALLAH SWT menguji umat manusia dengan seluruh kenikmatan yang sangat berlimpah, baik nikmat kesehatan, Ilmu Pengetahuan, serta kenikmatan lainnya yang dapat mengukur sampai manakah umat manusia dapat memanfaatkan serta menjalankan apa yang diperintahkan-Nya.

Allah pun berfirman: “Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (Surah Al-An’Am ayat 32)

Banyak manusia menjadi lupa daratan. Banyak manusia menjadi ingkar. Banyak manusia tidak dapat bersyukur. Betapa ramai manusia menjadi durhaka dan berkhianat. Mereka melupakan tujuan hidupnya ketika di dunia dan hanya mengejar kenikmatan dunia. Dunia yang dikejar akan berakhir. Tempat manusia hidup. Tempat manusia memuja kenikmatan. Semuanya menjadi sia-sia belaka.

Insan Khazanah KABA12.com, mari kembali mengingat, dan bertakfakkur, bahwa dunia hanya smenetara, dan akhirat lah tujuan kita. Karena akhirat merupakan tempat kehidupan yang sebenar-benarnya dan bersifat kelak.

Perbanyak dzikir, perbanyak sujud, perbanyak istighfar kepada ALLAH SWT. Mari berusaha sambil berdo’a. berusaha yang diridhoi ALLAHSWT. Berusaha mencari rezeki di jalan ALLAH SWT. Semoga kita termasuk orang-orang yang bersyukur dan mukmin yang dicintai ALLAH ‘Azza Wa Jalla.

Aamiiin.,.

(O’phik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top