Peristiwa

Penghuni Pergi Saat Masak, Rumah Gadang Terbakar

Sumpur, Tanah Datar, KABA12.com — Satu unit rumah gadang di Jorong Seberta, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar, habis dilalap si jago merah, Rabu (31/8) siang. Diduga, akibat penghuni yang meninggalkan rumah saat kompor dalam keadaan menyala, menjadi penyebab terbakarnya salah satu warisan Minangkabau ini.

Menurut keterangan saksi, penghuni rumah gadang yang diketahui bernama Nurma (87) sedang masak. ”Entah karena apa, mungkin ada keperluan, jadi lupa matikan kompor, lalu pergi. Tanpa sepengetahuannya, api telah membesar melalap seisi rumah.’’ Ujar Novita Yanti, tetangga korban.

FB_IMG_1472639155030Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Namun mengingat rumah gadang ini telah berusia cukup tua, sehingga api dengan mudah menyebar ke seluruh ruangan. Bahkan juga mengenai rumah kayu milik Sarifli (58) yang berada persis di sebelah rumah gadang naas itu. Akibatnya, kerugian materil diperkiran mencapai Rp 200 juta lebih. Namun, nilai sejarah dan budaya yang terkandung didalamnya, lebih tak ternilai harganya.

Banyak budayawan dan sejarawan menyesalkan kejadian terbakarnya rumah Gadang di Nagari Sumpur. Mengingat Nagari Sumpur sedang bergiat menghidupkan kembali “Kampung Minang”. Rumah Gadang, menjadi ikon utama dari terbangunnya kembali program yang mengangkat nilai budaya itu.

(S3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top