News Lokal

Perdana di Sumbar Ma’had Aly Parabek Adakan Kuliah Umum

Agam, KABA12.com — Mengawali pembelajaran di tahun pertama akademik 2016-2017, pusat kajian hukum Islam berbasis kitab kuning Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek,  menggelar kuliah umum, dengan tema “Urgensi Fiqh dan Ushul Fiqh dalam pengkaderan ulama”, Minggu (28/8).

Kuliah umum tersebut diberikan oleh guru besar yang merupakan pakar Fiqh dan Ushul Fiqh selama 50 tahun lebih, Prof. Dr. Amir Syarifuddin.  Dalam materi kuliah yang diikuti oleh para mahasantri baru Ma’had Aly dan santri tahun akhir Sumatera Thawalib Parabek menjelaskan, urgensi Fiqh dan Ushul Fiqh itu ialah bagaimana memahami, mencari, dan melakukan penalaran terhadap dalil-dalil hukum islam.

“Orang Indonesia tidak bisa mempelajari Agama Islam kalau tidak mempelajari fiqh yang berbahasa arab. Fiqh dan Ushul Fiqh tidak berbicara soal dakwah atau pendidikan, akan tetapi berbicara mengenai hukum Agama Islam.” jelas pakar Fiqh dan Ushul Fiqh ini.

Diakhir kuliah umumnya, Prof. Dr. Amir Syarifuddin menambahkan, Ma’had Aly hadir sebagai pusat kajian hukum islam yang murni mempelajari kitab kuning. Lulusan Ma’had Aly diharapkan bisa menjadi kaderisasi ulama yang mutafaqqih fiddin nantinya.

( Jaswit )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top