BPBD Kab. Agam

Tingkatkan Kapasitas, Polres Agam Gelar Latihan Bersama dengan BPBD Agam

Agam,KABA12.com–Personil Polres Agam bersama Satgas  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam menggelar latihan bersama terkait dengan penanganan penanggulangan kebencana alam di lapangan Polres Agam, Sabtu 27 Agustus.

14064094_10201986038770312_3725670691134974823_nKapolres Agam AKBP. Eko Budhi Purwono,SIK mengatakan Latihan ini diperlukan untuk menambah kapasitas dan pengetahun para personil Polres dalam penanganan kebecanaan.

“kita harapkan personil Polres memiliki kemampuan mengoperasikan peralatan dalam penanggulangan bencana. Langkah awal kita adalah melakukan latihan bersama dengan BPBD Agam,” ujarnya.

Agam memang termasuk daerah yang rawan terjadi bencana. Untuk itu perlu peran serta dari semua pihak. Sesuai dengan himbau Kapolri, pihak kepolisian lebih dapat mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Korhutla) dan penanggulangan kebencanaan lain.

“Ini menjadi bahagian dari tugas kita, untuk nantinya akan saling berkoordinasi dengan instansi lain seperti BPBD Agam, Satpol PP serta TNI jika terjadi bencana alam” ujarnya.

Kalak BPBD Agam, Bambang Warsito menyambut baik rencana dari Polres Agam. Pihaknya akan memfasilitasi latihan itu semaksimal mungkin.

“ Kami menyambut baik rencana dari Polres Agam. Dengan hal ini, maDSC_9309ka koordinasi yang sudah terjalin selama ini, bisa makin maksimal. Dan penanggulangan bencana di Agam juga bisa lebih maksimal” Ujar Bambang.

Kegiatan latihan gabungan simulasi  ini  juga di ikuti  oleh 70  personil jajaran polres dan satgas BPBD Agam. Dalam latihan bersama itu Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Agam memaparkan pengoperasian mesin pemotong kayu (sinso), memotong pohon tumbang, mengatasi reruntuhan rumah dan memadamkan api.

(M. Ikhsan)

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top