News Lokal

Bupati Tanah Datar Terima Kunjungan Dirjen Otoda Kemendagri

Tanah Datar, KABA12.com — Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, menerima kunjungan Dirjen Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri Sumarsono bersama rombongan peserta rapat koordinasi Biro Hukum Provinsi dan Kabag Hukum kabupaten/kota se-Indonesia Selasa (23/8) lalu di Gedung Indo Jolito Batusangkar. Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan melihat langsung beberapa objek wisata, adat dan budaya di Luhak Nan Tuo.

“Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah yang tidak punya sumber daya alam yang melimpah, maka potensi pertanian, pariwisata, dan pendidikan yang diharapkan untuk membangun daerah,” ungkap Irdinansyah.

Bupati menyebut Tanah Datar saat ini tengah mengembangkan potensi pengelolaan pertanian dengan sistem Tanam Padi Salibu, yang dapat menghemat biaya pengolahan tanah dan pengadaan bibit. “Tanam padi salibu ini ternyata juga dapat meningkatkan produksi padi dari pada tanam secara konvensional,” lanjut Irdinansyah.

Tanah Datar terus mengembangkan potensi pariwisata, yang menunjang pembangunan daerah. Seperti objek wisata Istano Basa Pagaruyung, Danau Singkarak, dan wisata adat dan budaya lainnya, pungkas Irdinansyah.

Sementara itu, Dirjen Otoda Kemendagri, Sumarsono, menyampaikan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar, beberapa daerah harus membuat paket wisata antar kabupaten dan kota. “Kecenderungan wisatawan berkunjung ke daerah saat ini adalah budaya   adatnya, sementara keindahan alam hanya sebagai penunjang,” ucap Sumarsono saat berkunjung di Istano Basa Pagaruyung.

Sumarsono mengatakan daerah harus mengembangan kekuatan adat dan budaya yang masih berkembang di tengah masyarakat.

( Humas/Yansen )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top