News Lokal

Warga Dihimbau Aktif Mengurus Administrasi Kependudukan

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengimbau warga setempat aktif melakukan pengurusan administrasi kependudukan agar tidak kesulitan mendapatkan pelayanan publik.

Kepala Bidang Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, Masriwal di Bukitinggi, Rabu (24/8), mengatakan kemudahan dalam pelayanan surat kependudukan terus ditingkatkan sehingga warga diharap aktif mengurusnya.

“Pelayanan telah dibuka di kelurahan dan kecamatan. Disdukcapil sendiri telah dilengkapi sarana pendukung seperti arsip dokumen dan genset, untuk antisipasi bila ada pemadaman listrik. Sehingga kami targetkan tidak ada warga yang tidak dilayani dengan baik,” jelasnya.

Ia menilai, masih ada warga yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan saat keadaan terdesak. “Keadaan itulah yang dapat menimbulkan kesan pelayanan tidak ramah atau berbelit-belit. Seharusnya jangan menunggu keadaan mendesak karena surat kependudukan itu sangat diperlukan untuk berbagai urusan,” tambahnya.

Pihaknya menargetkan membuka pelayanan pada hari Sabtu yang diutamakan bagi warga setempat. Selain itu, Disdukcalil telah melakukan kerjasama dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait di daerah tersebut dalam penerbitan informasi kependudukan.

“Jadi, semua informasi kependudukan hanya berasal dari Disdukcapil. SKPD lain yang juga menggunakan data kependudukan dalam tugasnya seperti Dinas Sosial dan Tenaga Kerta atau Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, informasinya berasal dari Disdukcapil dan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK),” jelasnya.

Melalui kerjasama itu, diharapkan pelayanan bagi masyarakat hingga pelaksanaan kegiatan untuk kesejahteraan rakyat dapat dilaksanakan tepat sasaran.

( Debi Kurnia )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top