News Lokal

Rahmad Syah Mulya, Di Balik Sukses Kelurahan Cyber, Gulai Bancah

Bukittinggi, KABA12.com — Sukses menyandang prediket sebagai kelurahan berbasis cyber, kelurahan Kubu Gulai Bancah berhasil meraih prediket terbaik nasional. Adapun, Rahmad Syah Mulya, staf Bidang Komunikasi dan Informatika, Dishubkominfo Kota Bukittinggi menjadi salah satu pembawa kemenangan tersebut melalui tangan dingin yang ia miliki.

Lelaki kelahiran Sungai Tanang, Kabupaten Agam inilah yang telah menyiapkan aplikasi pelayanan berbasis internet dalam berbagai bidang administrasi yang dibutuhkan masyarakat di kelurahan tersebut.  Bapak dua anak ini sebelumnya pernah mengabdi di salah satu kelurahan dan dari pengalaman itulah, dia terinspirasi untuk menciptakan aplikasi mudah, sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanan secara online.

Khusus untuk Kelurahan Kubu Gulai Bancah, pelayanan berbasis teknologi itu telah diaplikasikan sejak Januari 2016 saat kelurahan tersebut masuk penilaian level Kota Bukittinggi. Aplikasi tersebut dinamakan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) yang bisa diakses oleh masyarakat dengan mudah.

Aplikasi pelayanan ini kian dimantapkan, sejak masuknya nominasi level tingkat Sumbar.  Apalagi saat ini, masyarakat dengan mudah bisa mengakses pelayanan administrasi untuk 14 jenis surat secara online, antara lain surat keterangan kelakuan baik, keterangan usaha, domisili dan lainnya.

Pada prinsipnya jenis persuratan yang dilayani masyarakat, menurut Rahmat hampir memiliki kesamaan. Makanya bisa diaplikasikan dalam bentuk sistem sehingga mudah diakses kapan saja. Bahkan, masyarakat awam pun dapat melakukannya dengan hanya meng-clik sistem yang telah ada.

“Jadi, sangat mudah caranya dan tak perlu susah datang ke kantor lurah,” tutur bapak dua anak tersebut.

Rahmad memulai karir sebagai ASN 2010 dan waktunya lebih banyak dihabiskan dalam hal penyiapkan aplikasi dan program berbasis teknologi informasi. Sebenarnya, seluruh kelurahan di Bukittinggi bisa menerapkan pelayanan berbasis cyber. Caranya tidak sulit, yang terpenting peralatan dan ada jaringan internet.

Kesungguhan lelaki kelahiran 25 Nopember 1986 ini membangun aplikasi SIPP di Kubu Gulai Bancah tidak terlepas dari dukungan Kepala Seksi Perangkat Lunak, Asrar Fernando, Kabid Komunikasi dan Informatika Watti Dewita serta Kadishubkominfo Ibentaro Samudra. Berkat aplikasi yang telah disediakan dalam pelayanan kemasyarakatan telah menjadi poin unggulan sehingga Gulai Bancah terpilih sebagai kelurahan terbaik tingkat nasional 2016.

Lelaki berpenampilan sederhana inipun senantiasa membuka diri bagi kelurahan lain di Kota Bukittinggi untuk berbagi pengalaman dalam penerapan pelayanan  berbasis cyber. Idealnya, seluruh kelurahan sudah menerapkan layanan teknologi informasi itu, karena di era sekarang hal itu sudah menjadi kebutuhan.

( Debi Kurnia )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top