News Lokal

Dengan Bawa KK, Pelajar Usia 17 Bisa Rekam e-KTP Disekolah

Agam,KABA12.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Drs. Misran,M.Pd Mengatakan  pekan depan Bagi Siswa sekolah tingkat SLTA sederajat yang telah berusia 17 tahun Bisa membuat e-KTP langsung disekolah. Mereka hanya perlu membawa foto kopi Kartu Keluarga (KK) ke sekolah, sebagai bukti warga Kabupaten Agam.

“Kita akan datangi langsung ke sekolah – sekolah. Rencananya pekan depan kita akan mulai program ini,” kata Kadisdukcapil Agam Misran kepada Kaba12, Rabu (24/8).

biasanya pihaknya melakukan pelayanan diutamakan kepada masyarakat namun, inovasi baru ini pihaknya akan mendatangi sekolah tingkat SLTA sederajat untuk memberikan kemudahan bagi pelajar yang telah berusia 17 tahun membuat e-KTP. Target program ini nantinya dapat menekan jumlah penduduk yang belum mengurus administrasi kependudukan, salah satunya e-KTP.

“Ini menyikapi adanya tenggat waktu yang diberikan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  terkait batas akhir perekaman data e-KTP  pada 30 September 2016,” ujarnya.

Selain menindak lanjuti batas akhir perekaman e-KTP, inovasi ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi pelajar yang ingin mengurus KTP. “ Pengalaman kami dua tahun belakangan, setiap akhir tahun, jumlah pelajar yang mengurus e-KTP membludak. Kita tidak ingin tahun depan terulang lagi, sehingga akan mengganggu fokus mereka ikut Ujian Nasional,” ujarnya.

Agar rencana ini dapat berjalan dengan lancar, pihaknya telah berkoordinasi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), camat dan walinagari. “Kita sudah buat surat edarannya. InsyaAllah minggu depan sudah bisa dilaksanakan,” Tutupnya.

(Richard Febrin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top