Life

Manfaat Salak Untuk Kesehatan

KABA12.com — Salak (Salacca zalacca) merupakan salah satu buah kebanggan Indonesia yang memiliki kulit seperti sisik ular dan rasa manis bercampur kecut sedikit sepat. Seperti yang dikutip dari manfaat.co.id, buah salak memiliki kandungan zat betakaroten yang baik untuk mata. Bahkan setiap 100 gram, buah salak mengandung 5,5 kali lebih banyak betakaroten dibandingkan dengan buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan jambu biji dan 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah semangka. Selain itu, salak memiliki kandungan karbohidrat, kalori, fosfor, kalsium, vitamin B, air dan zat besi yang cukup bermanfaat bagi tubuh Anda. Di dalam satu buah salak saja sudah terdapat kalsium sebanyak 28 mg, 4.2 mcg zat besi dan 18 mg fosfor. Untuk itu, salak benar-benar berperan aktif sebagai sumber penyedia mineral dan serat pada tubuh Anda!

Namun, siapa yang menyangka bahwa kulit buah salak yang kita makan selama ini memiliki manfaat yang luar biasa. Hal ini dikarenakan salak memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk menyehatkan tubuh dan mengobati berbagai penyakit. Dengan metode pengolahan yang benar. Dan dengan cara direbus, kemudian diambil sarinya (extractrion), maka kulit salak ini dapat kita manfaatkan kegunaanya.

Setidanya terdapat beberapa gangguan kesehatan yang mampu diatasi oleh kulit salak ini, simak selengkapnya berikut ini:

  1. Mengurangi dan Mengobati Penyakit Diabetes

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh kulit buah salak adalah diabetes atau kencing manis. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa (gula sederhana) dalma darah dikarenakan tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup. Insulin sendiri merupakan hormon yang dilepaskan pankreas dan bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang normal.

  1. Mengobati Ambeien

Selain dapat mengobati diabetes, kulit buah salak juga dapat bermanfaat untuk mengobati ambeien. Berikut merupakan resepnya.

  1. Mencegah Sembelit

Manfaat yang selanjutnya yaitu mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan kulit salak memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan yang berhubungan dengan susah buang air besar (BAB). Namun, kulit yang dimaksud adalah kulit aria tau kulit tipis buah salak. Anda dapat memakannya langsung ketika Anda memakan buah salak.

(Virgo Fernandes)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top