News Lokal

Hutan Pasaman Membara

Kab. Pasaman, Sumbar, KABA12.com — 130 hektar areal hutan di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat dilumat sijago merah, sejak minggu (21/8) kemarin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh KABA12.com kebakaran hutan terjadi di kawasan Koto Panjang, Nagari Lansek kadok, Kecamatan Rao selatan dan Mapattunggul Selatan.

Kepala BPBD Kabupaten Pasaman, M. Sayuti Pohan menjelaskan, sejak kemarin (21/8) hingga kini petugas masih berupaya memadamkan api, “100 hektar hutan yang terbakar masuk wilayah jorong Bangkok, Kecamatan Mapattunggul Selatan, dan 30 hektar lainnya di Koto Panjang, Kecamatan Rao Selatan. Namun saat ini, beberapa titik, sudah dapat dipadamkan” ujarnya.

Pohan menambahkan, dugaan sementara kebakaran terjadi akibat pembakaran lahan oleh oknum masyarakat untuk membuka lahan kebun karet dan ladang padi. Meski kebakaran tidak menyebabkan polusi udara, namun warga dihimbau tetap mewaspadai kawasan-kawasan yang rawan terhadap kebakaran, karena cuaca panas dan angin kencang membuat api tidak bisa dikendalikan .

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top