Life

TIPS MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

KABA12.com, LIFE —- Hipertensi atau yang sering disebut dengan tekanan darah tinggi merupakan masalah umum yang juga dapat menyebabkan penyakit-penyakit lainnya seperti serangan jantung, kardiovaskular, penyakit ginjal, stroke, dan diabetes. Tekanan darah tinggi terjadi apabila terus menerus berada di 140/90 mmHg atau lebih.

Dibutuhkan pola gaya hidup yang seimbang untuk menjaga tekanan darah tetap pada kondisi normal. Meskipun demikian, masih ada sebagian orang yang masih menggunakan obat-obatan namun hasilnya tidak efektif, seperti yang dikutip dari laman Ayokesehatan.blogspot.com.

Menurunkan berat badan terbilang cukup murah seperti misalnya olahraga. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut adalah cara menurunkan tekanan darah tinggi :

Cara Menurunkan Darah Tinggi

  1. Olahraga

Dengan olahraga, Anda juga dapat menurukan tekanan darah tinggi dan dapat terhindar dari berbagai penyakit. Olahraga dapat mengontrol tekanan darah tinggi yang sedang dialami. Dianjurkan untuk olahraga melakukannya beberapa kali dalam seminggu. Lakukan olahraga misalnya seperti jogging dan bersepeda. Cukup olahraga sekitar 30 sampai 60 menit.

  1. Konsumsi potasium

Kandungan potasium dapat didapatkan pada beberapa makanan seperti kacang polong, kurma, pepaya, bayam, dan kol. Potasium bermanfaat dalam membantu tubuh untuk mnurunkan tekanan darah. Asupan potasium untuk orang dewasa sekitar 3.510mg/hari.

  1. Mengurangi berat badan

Berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Diusahakan untuk mengurangi berat badan tersebut dengan melakukan olahraga. Hal ini dimaksudkan karena dengan berkurangnya berat badan bisa menurunkan tekanan darah sistolik hingga 2-10 point.

  1. Tidak Merokok

Rokok memang tidak baik bagi kesehatan seperti dapat merusak kesehatan mata. al ini dikarenana rokok mengandung nikotin yang dapat mengakibatan produksi adrenalin secara berlebihan. Adrenalin inilah yang dapat membuat jantung dan tekanan darah bekerja lebih keras.

  1. Kurangi konsumsi garam

Mengurangi konsumsi garam dapat membantu menurukan tekanan darah. Hal ini dikarenanakan garam dapat meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri Anda. Mengkonsumsi garam tidak lebih dari 2400mg/hari atau sekitar 1 sendok teh. Cukup dengan mengkonsumsi garam kurang dari 1500mg/hari atau sekitar 2/3 sendok teh saja sudah bisa mengurangi tekanan darah lebih lanjut.

  1. Hindari alkohol

Mengkonsumsi alkohol memang sangat tidak baik bagi kesehatan terlebih lagi bagi tekanan darah. Mengkonsumsi alkohol dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi yang pada akhirnya dapat memperbesar risiko terjadinya hipertensi.

  1. Hindari stres

Stres menyebabkan penyebab dari beberapa penyakik dan juga dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Stres dapat menyebabkan naiknya tekanan darah walaupun hanya bersifat sementara. Hindari diri Anda dari stres. Latihan pernapasan merupakan cara terbaik untuk mengatasi stres dan dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top