News

Tim Penilai Taharah Masjid Kunjungi 23 Masjid

Tim penilaian thaharah masjid Kabupaten Agam, bakal menilai sebanyak 23 masjid yang ada di daerah itu. Masjid yang dinilai merupakan masjid usulan masing-masing Puskesmas di setiap kecamatan.

Kabid Pengendalian Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Hendri Rusdian selaku ketua tim penilai, Selasa (13/6), kegiatan ini merupakan salah satu program inovasi yang dicanangkan Bupati Agam Indra Catri saat menjabat pada periode pertama dan belum terlaksananya pada semua rumah ibadah di Agam

Baca Juga:  Kadinsos Agam Ingatkan Warga Waspadai Bencana

“Namun tahun ketahun kebersihannya menunjukan peningkatan,” terang Hendri.

Hendri, mengatakan, thaharah masjid ini dilakukan untuk membuat jama’ah masjid merasa nyaman dan khusuk dalam menjalankan ibadah yang diiringi dengan terciptanya kesehatan para jama’ah.

Ada beberapa indikator dalam penilaian thaharah masjid ini yaitu, tersedianya sumber air bersih, memiliki WC dan tempat berwudu yang bersih, memiliki irigasi untuk pembuangan air, kebersihan masjid itu sendiri dan adanya stiker himbauan yang mengenai taharah masjid.

Baca Juga:  Berantas LGBT Harus Didukung Semua Elemen

Hendri mengatakan, Agam memiliki masjid sebanyak 526 unit, mushola dan surau sekitar 1.116 unit. Dari jumlah rumah ibadah yang ada di Agam tentu harus dalam keadaan bersih dan ini perlu di thaharahkan.

Baca Juga:  Puncak Libur Lebaran Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Agam
Untuk menciptakan hal tersebut, masjid tentu harus ada gharimnya, bagaimana adanya kerjasama antara pengurus masjid dengan masyarakat untuk membersihkan masjid, adanya sarana dan prasarana untuk alat kebersihan masjid, tersedianya air bersih yang cukup, kebersihan masjid itu sendiri seperti tikar, dinding, kaca dan lainnya. (AMC)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Terkini

To Top