News

Tiga Masjid Dikunjungi Tim Penilain Taharah Masjid Agam

 

Tim penilaian thaharah masjid Kabupaten Agam, melakukan kunjungan ke tiga masjid yang ada di daerah itu, Senin (13/6). Penilaian ini merupakan penilaian hari pertama pada tahun 2016.

Kabid Pengendalian Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Hendri Rusdian selaku ketua tim penilai, Senin (13/6), mengatakan, penilaian thaharah masjid ini mulai pada Senin (13/6) di Masjid H. Abdul Manan Pakan Sinayan Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, kemudian dilanjutkan ke Masjid Nurrahmi Induring Kapau dan Masjid Nurul Iman Pandam Gadang Kecamatan Tilatang Kamang.
Hendri mengakui, Masjid H. Abdul Manan merupakan masjid pertama dikunjungi dalam thaharah masjid pada 2016. Saat melakukan Shalat Dzuhur berjamaah di masjid itu, ia terkesima dengan kebersihannya dan dilihat juga tersedianya air bersih yang cukup.
Selain Masjid H. Abdul Manan, tim penilai yang melibatkan pihak Dinas Kesehatan, BPMPN, Kemenag, Kesra dan Humas ini, juga melakukan kunjungan ke Masjid Nurrahmi Induring Kapau dan Masjid Nurul Iman Pandam Gadang Kecamatan Tilatang Makang.
Berdasarkan pantauan dilapangan, ketiga masjid ini telah memiliki indikator penilaian tharah masjid, namun juga perlu dikaji lebih mendalam lagi dalam penilaian ini.
Indikator dalam penilaian thaharah masjid ini, yaitu tersedianya sumber air bersih, memiliki WC dan tempat berwudu yang bersih, memiliki irigasi untuk pembuangan air, kebersihan masjid itu sendiri dan adanya stiker himbauan yang mengenai taharah masjid.
Ketua Umum Masjid H. Abdul Manan Khairul Huda, mendukung pemerintah Kabupaten Agam melakukan tharah masjid ini. Dengan melakukan thaharah, maka terciptanya rumah ibadah yang bersih dan menimbulkan kenyamanan pada jama’ahnya.
“Di masjid Abdul Manan ini kegiatan yang aktif dilaksanakan yaitu shalat jama’ah lima waktu setiap hari, kuliah subuh, tiap malam jama’ah melaksankan tafsir Qur’an, adanya taman seni Al Qur’an setiap hari minggu dan shalat tarawaih pada bulan Ramadhan,” jelasnya. (AMC)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terkini

To Top